Disusun Oleh:
Nama : Dinny Erista
NPM : 10208386
Kelas : 2EA03
Mata Kuliah
Manajemen Pemasaran
Dosen
Muhammad Yunanto
Universitas Gunadarma
Pendahuluan
Ternyata, sebuah Kesuksesan itu tidak hanya dapat dilihat dari banyaknya produk yang beredar dipasaran, akan tetapi kesuksesan juga dapat dilihat dari bagaimana suatu perusahaan dapat bertahan dalam dunia bisnis dengan keadaan yang sulit sekalipun. Untuk itu dibuat article review ini supaya masyarakat dapat membedakan dan dapat menilai suatu perusahaan yang sukses tidak dari sudut pandang penjualan produk atau banyaknya produk yang beredar dipasaran saja. Tapi juga dilihat dari kualitas dan mutu dari apa yang di pasarkanke khalayak masyarakat. Dengan demikian secara singkat akan diberitahukan article review berikut ini.
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa besarnya masyarakat menggunakan Nokia. Serta untuk mengetahui tingkah laku pelanggan dengan adanya hubungan personel, kecepatan pelayanan dan kenyamanan hanya dalam hitungan detik. Dengan adanya penelitian ini sekaligus dapat membuktikan bahwa pelayanan dan periklanan yang tanpa henti juga merupakan factor yang menentukan sukses tidaknya suatu produk di pasarkan.
Lingkup Materi
Bagaimana suatu produk yang dijual dipasaran, tidak hanya berdasarkan bagus, canggih, ataupun kerennya saja suatu produk, tetapi juga dari sebuah pelayanan dan iklan yang tanpa hentinya juga merupakan hal penting yang dapat menetukan sukses tidaknya penjualan suatu produk. Sehingga Perusahaan yang berbisnis di dalam penjualan produk ini juga mendapatkan keuntungan yang besar atas kesuksesan penjualan produknya.
Latar Belakang Masalah
Nokia merupakan salah satu perusahan elektronik yang sekarang maju di
Adanya alat komunikasi seperti ini dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi. Selain itu, jenis ponsel Nokia banayk diminati konsumen, misalnya tipe/jenisya lebih banyak, menunya sederhana, bias ganti casing sesuai dengan selera dapat kirim-kirim lagu dan gambar lebih dari satu jenis, dapat difungsikan ganda, yaitu sebagai kamera. Selain itu, juga memiliki hal-hal positif yang dapat diambil yaitu, Informasi menjadi sumber penting dalam menciptakan value perusahaan, two way dan direct communication juga semakin efektif, ekspektasi dan tingkah laku pelanggan adanya hubungan personel, kecepatan pelayanan dan kenyamanan, dan hanya dalam hitungan detik pesan promosi dapat dikirim ke ribuan orang dengan pesan beda untuk setiap orang.
Dilihat dari sisi pelayanan, produk Nokia selalu memberikan kemudahan pada konsumennya bila terdapat masalah-masalah, misalnya dalam pelayanan purnajual/after sale, konsumen tinggal dating saja ke Graha Nokia, disana konsumen akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Selain diferensiasi, target pasar dikejar upaya-upaya untuk menempatkan keunikan, keistimewaan kecanggihan dan keunggulan produk dalam persepsi konsumen, sehingga membuat konsumen percaya bahwa produk itu sangat penting bagi mereka.
Adapun rencana manajer pemasaran Nokia dengan strategi advertensi/promosi untuk beberapa bulan kedepan dengan menyediakan anggaran sebesar Rp 30 juta.
1. Memasang iklan pada
2. Membeli siaran TV local dengan biaya per 30 detik sebesar Rp 1.500.000 dan dapat menjangkau 7000 konsumen potensial.
3. Memasang iklan pada majalah dengan biaya Rp 1.000.000 per edisi dan dapat menjangkau 9.500 konsumen potensial.
4. Mendistribusikan contoh produk secara gratis dengan biaya sebesar Rp 100.000/peti berisi 200 unit HP, dan dapat menjangkau 350 konsumen potensial.
Kesimpulan
Jadi, untuk dapat mempertahankan produk dalam dunia bisnis lokal dan internasional butuh sebuah fondasi yang kuat dari pihak intern sendiri maupun dengan pihak ekstern yang dalam hal ini kompetitor, konsumen sekalipun, dengan adanya suatu kesatuan antara pihak intern dan sosialisasi/komunikasi yang baik dengan pihak ekstern serta dibaringi dengan sifat yang bisa menghasilkan kepuasan bersama..
Kritik
Dengan segala bentuk kelengkapan Nokia yang sudah ada, sebaiknya dari pihak perusahaan Nokia itu sendiri, lebih memperhatikan lagi, fitur-fitur, atau bagian-bagian yang kurang dari Nokia, agar konsumen bisa mendapatkan kepuasan setelah memilih produk dari Nokia itu sendiri.
Saran
Agar para konsumen lebih bisa memilih produk Nokia disbanding yang lain, tidak ada salahnya, setiap pembelian lebih dari 3jt, para konsumen mendapatkan servis dengan voucher gratis selama 1 bulan di counter mana saja.. Dan sebaiknya, mengeluarkan produk Nokia dengan fitur lebih canggih lagi.
0 komentar:
Posting Komentar