Minggu, 25 September 2011

Kasus Praktek Bisnis yang Tidak Etis

NAMA : Dinny Erista (10208386)
KELAS : 4EA03
DOSEN : Titi Ayem Lestari

SOFTSKILL

UNIVERSITAS GUNADARMA
20010/2011





Iklan XL Terbaru yang Blak-blakan : “XL vs siMERAH”

Posted on 28 Maret 2010 by joyhomework

Iklan XL terbaru kini muncul lagi. Sekarang dengan promo yang bernama buka-bukaan, blak-blakan. Dalam promosi yang disiarkan di televisi ditampilkan sepasang kekasih yang berbicara tentang “buka-bukaan” dan “blak-blakan” plus Raffy yang nyamar jadi apa aja boleh. He5x. (JoY HomeWork)

Tapi bukan masalah tentang kekasih yang ngomong buka-bukaan yang aneh di sini, melainkan XL membandingkan kartu perdananya dengan kartu perdana lain yang bernama “siMERAH”. Jika “siMERAH” kirim 3 sms baru gratis 100 sms, XL “pede” dengan kirim 1 sms maka gratis 100 sms. Karena kalah murah maka kartu “siMERAH” dicoret X.



Menurut saya, iklan ini merupakan praktek bisnis yang tidak etis. Karena disini iklan ini membanding- bandingkan dengan provider yang lain. Yang mereka pikir, provider ini lebih menguntungkan di banding provider yang lain.

Tapi, menurut saya dengancara iklan seperti ini, ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi, misalnya:

  1. Pelanggan akan mudah percaya dengan iklan ini, dan segera mengganti provider yang lama

    dengan yang XL.

  2. Pelanggan justru tidak terpengaruh dengan adanya iklan ini, karna mungkin, mereka anggap iklan ini terlalu berlebihan menjatuhkan provider lain.



Saran saya, mungkin iklan ini sebaiknya tidak terlalu membanding- bandingkan provider lain dengan cara seperti ini. Mungkin ada cara yang lebih baik lagi, walaupun tidak begitu dapat meyakinkan pelanggan. Tapi, akan lebih baik jika suatu praktek bisnis juga harus memiliki beberapa etika dalam berbisnis. Yaa.. dalam pengertiannya saja etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis. Jadi, di ambil kesimpulan, bahwa etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi.






http://joyhomework.wordpress.com/2010/03/28/iklan-xl-terbaru-yang-blak-blakan/


http://adesyams.blogspot.com/2009/09/tentang-etika-bisnis.html

0 komentar:

Posting Komentar