Sabtu, 23 April 2011

Tugas Bahasa Indonesia II (Menarik Simpulan secara Langsung dan Rantai Deduksi)

Nama : Dinny Erista
NPM : 10208386
Kelas : 3EA03


1.Menarik Simpulan secara Langsung

Simpulan (konklusi) secara langsung ditarik dari satu premis. Sebaliknya, konklusi yang ditarik dari dua premis disebut simpulan tak langsung.

1. Semua S adalah P. (Premis)

Sebagian P adalah S. (Simpulan)

Contoh:

a. Semua sepeda beroda (P)

Sebagian yang beroda adalah sepeda (S)
b. Semua kamar ber-AC (P)
Sebagian yang ber-AC adalah kamar (S)
c. Semua Handphone berkamera (P)
Sebagian yang berkamera adalah Handphone (S)

2. Tidak satu pun S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun P adalah S. (Simpulan)

Contoh :

a. Tidak seorang pun manusia adalah binatang (P)

Tidak seekor binatang pun adalah seorang manusia (S)

b. Tidak semua melon adalah semangka (P)
Tidak semua semangka adalah melon (S)

c. Tidak satupun wanita adalah berjenggot. (P)

Tidak satupun yang berjenggot adalah wanita (S)

3. Semua S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun S adalah tak-P. (Simpulan)

Contoh :

a. Semua dosen adalah bukan semua laki-laki. (P)

Tidak satu pun dosen adalah laki-laki (S)

b. Semua ikan bersisik (P)
Tidak satupun ikan yang tidak bersisik (S)

c. Semua motor adalah bukan semua Yamaha (P)

Tidak satu pun motor adalah Yamaha (S)

4. Tidak satu pun S adalah P. (Premis)

Semua S adalah tak-P. (Simpulan)

Contoh:

a. Tidak satupun manusia adalah berduri (P)

Semua yang berduri adalah bukan manusia (S)

b. Tidak satu pun hewan berakar (P)

Semua yang berakar adalah bukan hewan (S)

c. Tidak ada satupun manusia adalah bisa hidup sendiri.(P)

Semua yang bisa hidup sendiri adalah bukan manusia (S)

5. Semua S adalah P. (Premis)

Tidak satu pun S adalah tak-P. (Simpulan)

Tidak satu pun tak-P adalah S. (Simpulan)

Contoh :

a. Semua makhluk hidup adalah bernafas
Tidak satupun makhluk hidup yang tidak bernafas
Tidak satupun yang tidak bernafas adalah makhluk hidup

b. Semua badak adalah bercula satu

Tidak satupun badak yang tidak bercula satu

Tidak satupun yang tidak bercula satu adalah badak

c. Semua buah rambutan adalah berambut

Tidak satupun buah rambutan adalah tidak berambut

Tidak satupun yang idak berambut adalah buah rambutan

2. Rantai Deduksi

a. Semua buah jeruk asem rasanya. (hasil generalisasi)

Kali ini saya diberi lagi buah jeruk.

Sebab itu, jeruk ini juga asem rasanya. (deduksi)

Saya tidak suka akan buah-buahan yang asem rasanya. (induksi: generlisasi)

Ini adalah buah jeruk asem.

Sebab itu, saya tidak suka jeruk ini. (deduksi)

Saya tidak suka makan apa saja, yang tidak saya senangi (induksi:generalisasi)

Saya tidak suka buah ini.

Sebab itu saya tidak memakannya. (deduksi)

b. Semua pria dewasa banyak yang merokok. (hasil generalisasi)

kali ini saya di kenalkan lagi dengan pria dewasa.

Sebab itu, pria dewasa ini juga perokok. (deduksi)

Saya tidak suka akan pria-pria yang perokok (induksi:generalisasi)

Saya tidak suka pria ini.

Sebab itu saya tidak berkenalan dengannya. (deduksi)

0 komentar:

Posting Komentar